Selasa, 11 Mei 2010

CARA BETERNAK KELINCI DENGAN BAIK

beternak kelinci secara sederhana atau skala kecil dapat dilakukan oleh siapa saja dan dapat dilakukan dan dikembangkan di area sempit sekalipun. syarat utama dalam beternak kelinci agar dapat berkembang biak dengan cepat dan tidak banyak terserang penyakit yaitu :
1. siapkan kandang kelinci sistem batterai, kandang bersusun dengan perapian penampung kotoran terpisah sehingga mudah dibersihkan. contoh kandang dengan sistem baterai bisa dilihat
2. setiap pagi kandang harus dibersihkan, tempat minum dan makan selalu bersih. beri makan konsentrat atau pelet kelinci secukupnya.
3. beri makanan hijauan setiap sore menjelang malam secukupnya dengan ketentuan hijauan sudah dilayukan. jangan diberi makanan hijauan segar, harus dilayukan dahalu agar kelinci tidak terserang mencret dan kembung.
4. Bila kelinci ada yang sakit segera pisahkan.
5. Obati kelinci bila sakit kudis dengan salep cap 88 ditambah dengan sedikit minyak tanah lalu oleskan dengan obat yang sudah diramu tadi.
6. Bila kelinci mencret atau kembung obati dengan norit atau diapet. pada dasarnya kelinci adalah hewan percobaan dalam membuat obat-obatan maka sangat memungkinkan obat untuk manusia juga dapat diberikan pada kelinci.
7. Belilah kelinci sebagai ternak awal yang sudah hamil atau sudah kawin sehat dan energik agar nantinya kita termotifasi untuk menjalankan usah ini apabila kelinci peliharaan kita beranak.
8. Hindari sengatan matahari langsung pada ternak kelinci sebab kelinci tidak tahan akan sengatan matahari langsung, kelinci lebih tahan dengan cuaca dingin.
9. Bila suhu terlalu dingin atau pada musim hujan usahakan kandang kelinci ditutup dengan kaian atau karung bekas beras agar terpaan angin tidak langsung mengenai kelinci sebab nanti kelinci bisa masuk angin.
10.Bila kelinci sudah melahirkan usaha jangan dipidah-pindahkan tempat/kandang kelinci dikawatirkan anak kelinci terinjak oleh induknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar